Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Colenak Enak dan Manis

Resep colenak. Colenak adalah salah satu makanan khas sunda terutama bandung, makanan ini sangat enak dan banayak digemari selain bahan utama yang terbuat dari peuyeum ( tape ) yang merupakan oleh-oleh khas bandung yang juga sangat digemari karena ke khasan rasanya, kembali lagi ke colenak, colenak makanan yang enak dan cara membuat colenak enak dan manis ini tidak terlalu susah dan cendrum mudah.

Colenak ini berasal dari bahan utama peuyeum dan saus kelapa yang menambah cita rasa makanan ini, proses pembuatan colenak enak dan manis ini tidak memerlukan waktu lama dan cendrum sederhana, karena kita hanya perlu membakar peuyeum atau tape dan menyiramnya dengan saus gula kelapa yang sudah kita buat sebelumnya dan kita buat dengan spesial.

http://weresepmasakan.blogspot.com/2015/08/resep-colenak-enak-dan-manis.html

Colenak ini biasa di jual di sekitaran bandung dan kota lain di jawa barat tetapi jika disekitar anda tidak ada yang menjual makanan ini maka anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah dengan resep colenak enak dan manis mudah-mudahan akan membantu anda dalam membuat makanan ini terutama bagi anda yang asing dengan makanan ini, selamat mencoba dan semoga sukses.

Resep colenak


Bahan utama membuat colenak enak dan manis
  1. Tape singkong sebanyak 500 gram
  2. Margarine 2 sendok makan.
Bahan saus colenak enak dan manis
Santan kelapa 350 ml
Buah kelapa sebelum tua 1/2 buah ( dicuci )
Gula merah 200 gram ( disisir )
Garam 1/4 sendok makan garam

Proses pembuatan colenak enak dan manis
A. Proses pemanggangan tape
  1. Tape yang sebelumya kita siapkan kita pilih yang baik untuk kita panggang, dan kita panggan di wajan yang datar dan selanjutnya oleskan margarine lalu bolak-balik.

B. Proses pembuatan saus gula
  1. Pertama-tama masukan santan kelapa lalu gula merah dan selanjutnya daun pandan, lalu aduk-aduklah sampai merata.
  2. Masukan garam lalu aduk-aduk sampai diaduk.
  3. Terakhir masukan kelapa parut dan aduklah sampai benar-benar kental.

C. Tahap terakhir
  1. Simpanlah tape diatas piring datar dan dialasi daun pisang.
  2. Siramkanlah saus gula yang telah kita buat tadi.
  3. Colenak siap dinikmati.
Semuah prosesss yang telah kamu lalui tadi semua, maka anda siap untuk menikmati colenak enak dan manis, selamat mencicipi, Coba juga resep es teler segar dan nikmat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Colenak Enak dan Manis