Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Ayam Suwir Pedas Gurih

Resep ayam suwir. Ayam sudah menjadi sajian makanan sehari-hari di masyarakat kita. Banyak industri makanan yang menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Bahkan, industri makanan fastfood yang menyajikan daging ayam untuk beberapa tempat makan ternama asal Amerika yang menggunakan ayam sebagai menu utamanya mengaku mendapatkan pendapatan perkapita dengan jumlah yang sangat besar. Hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh naiknya daya beli masyarakat kita dan juga semakin meningkatnya jumlah penduduk di negara kita. Wah, bisa dibayangkan betapa masyarakat kita mengidolakan daging unggas satu ini.

Daging ayam memang selalu tersedia hidangannya dalam berbagai acara, khususnya pada hari besar ataupun pesta. Daging ini tak pernah absen mengisi daftar santapan menu utama para tamu. Berbagai resep telah di temukan untuk mengolah daging ayam sehingga penyantapnya tak bosan untuk menikmati unggas ini. salah satunya adalah resep ayam suwir.
Resep Ayam Suwir
Pernahkah anda mencoba kelezatan khas daging ayam suwir? Ayam suwir memiliki rasa pedas manis dengan tekstur daging ayam yang lunak dan tidak keras. Beberapa makanan yang menggunakan daging ayam suwir untuk campurannya adalah bubur ayam. Tapi bagaimana sih cara membuat daging ayam suwir yang berbeda dan istimewa? Mudah apa sulit sih cara mengolahnya? Mari langsung saja kita bahas menu ayam satu ini.

Resep Ayam Suwir


Bahan dan bumbu yang harus anda siapkan adalah:
Bahan Untuk Membuat Ayam Suwir
  1. 2 buah dada ayam mentok, cuci bersih. Kemudian rebus sampai matang dan tekstur dagingnya lembut dan lunak. Setelah matang suwir-suwir kasar.
  2. 350 ml santan kental. Anda bisa menggunakan santan instant atau mengambilnya dari 1 butir buah kelapa.
  3. 5 lembar daun jeruk, cuci bersih.
  4. 2 batang serai, cuci bersih dan memarkan batangnya.
  5. 1 cm lengkuas, bersihkan dan memarkan
  6. 1 sendok makan air asam jawa
  7. 2 lembar daun salam, cuci bersih. 
  8. 1/2 sendok teh merica bubuk
  9. 1 sendok teh garam 
  10. 4 sendok makan minyak goreng 

Bumbu Untuk Membuat Ayam Suwir
  1. 10 buah cabai merah besar, cuci bersih.
  2. 10 siung bawang merah, kupas dan bersihkan
  3. 5 siung bawang putih lokal, kupas dan bersihkan
  4. 1 sendok makan gula jawa, sisir lembut
  5. 2 cm kencur, cuci bersih
  6. 1 sendok teh terasi yang sudah digoreng dahulu

Cara Membuat Ayam Suwir
Setelah bahan-bahan diatas siap cara memasaknya cukup sederhana. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan penggorengan bersih
  2. Kemudian nyalakan kompor dengan nyala api sedang
  3. Setelah minyak panas tumislah bumbu yang telah di haluskan , oseng terus hingga bau harumnya keluar. Setelah itu, masukkan santan kental perlahan-lahan sambil terus diaduk-aduk
  4. Masukkan ayam suwirnya bersama dengan daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas, garam, merica bubuk, serta air asam
  5. Masak dan aduk terus sampai bumbu meresap dan mengering. Setelah itu matikan kompor dan angkat.

Ayam suwir ini bisa digunakan sebagai pelengkap berbagai makanan. Selain bubur ayam, ayam suwir juga bisa disajikan sebagai pelengkap nasi uduk, nasi bungkus dan lain sebagainya. Ayam suwir ini juga bisa disajikan begitu saja di atas piring sebagai lauk makan sehari-hari dan juga bisa di tambahi lalapan juga agar menambah selera makan. Nah begitulah cara pembuatan ayam suwir yang cukup sederhana. Nantikan berbagai resep ayam istimewa lainnya yang akan kita bahas, tentu saja dengan resep-resep yang berbeda dan juga mudah dalam membuatnya. Baca yang lain yaitu Resep Ayam Taliwang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Suwir Pedas Gurih