Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Ayam Taliwang Enak Lezat

Resep ayam taliwang. Ayam memang jenis bahan makanan yang pengolahannya bisa bermacam-macam. Selain resep mainstream seperti ayam goreng, ayam panggang dan ayam bakar, masih banyak resep lain yang bisa untuk anda coba. Kali ini saya akan membahas tentang resep masakan ayam asli indonesia. Indonesia dengan bermacam suku daerah dan kebudayaannya masing-masing memiliki resep unik yang lain daripada yang lain. Jelas donk untuk urusan masak ini indonesia anti mainstream. Berbagai resep dari berbagai daerah mempunyai ciri khasnya sendiri. nah resep masak ayam kali ini akan membahas tentang masakan ayam khas dari NTB, yaitu ayam taliwang. Pernah dengar tentang ayam taliwang ini? atau pernah mencobanya? Ya, salah satu ciri dari masakan ini adalah dari bumbu-bumbunya yang pedas dan menggugah selera. Banyak orang yang suka akan rasa khas dari hidangan satu ini.
Resep Ayam Taliwang
Daripada kelamaan membahas, pasti anda keburu pengen mencoba resep satu ini kan. Langsung saja yuk intip apa saja sih bahan dan cara yang dibutuhkan untuk memasak ayam taliwang dari Lombok NTB ini! mari kita mulai.

Resep Ayam Taliwang


Bahan Untuk Membuat Ayam Taliwang
  1. 1 ekor ayam kampung ukuran sedang, bersihkan jeroannya dan dibelah dua tidak putus
  2. 1 sendok makan air jeruk limau
  3. 150 ml santan kental
  4. 1000 ml minyak goreng

Bumbu Untuk Ayam Taliwang
  1. 3 buah cabai merah besar 
  2. 5 buah cabai rawit merah
  3. 4 siung bawang putih
  4. 4 butir kemiri, disangrai
  5. 2 cm kencur
  6. 1 sendok teh terasi, goreng terlebih dahulu
  7. 1 buah tomat
  8. 1/2 sendok makan gula merah di sisir
  9. 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ayam Taliwang
  1. Setelah ayam dibersihkan jeroannya dan dibelah 2, lumuri seluruh bagian ayam dengan air jeruk limau, dan juga garam. Diamkan ayam selama satu jam.
  2. Siapkan bambu atau tusukan besi yang terlebih dahulu dibersihkan. Tusuk bagian ayam mulai dari paha sampai ke bagian sayap. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, kemudian goreng ayam sampai setengah matang, setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya.
  3. Panggang ayam diatas api tanpa bumbu terlebih dahulu. Sesekali bolak balik ayam agar matangnya merata. Setelah matang angkat dan sisihkan.
  4. Kurangi dan saring minyak bekas menggoreng ayam tadi, tumislah bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah bumbu tercium harum, masukan santan dan aduk aduk terus. Biarkan santan sampai mendidih dan matang. Angkat, sisihkan.
  5. Pukul pukul ayam secara perlahan dan pastikan ayam tidak sampai hancur. Cukup untuk membuat nya memar dan ada celah untuk bumbu meresap masuk.
  6. Olesilah ayam dengan bumbu santan secara merata.
  7. Panggang kembali ayam di atas api sampai bumbunya meresap dan merata. Sesekali olesilah bumbu dan bolak balik agar matangnya merata dan bumbu benar-benar meresap. Setelah benar-benar matang angkat dan sisihkan. Anda bisa menaruhnya diatas piring hias dan hiasi dengan beberapa irisan selada, tomat, atau cabai merah untuk mempercantik hidangan.

Demikianlah resep khas hidangan ayam asal Lombok NTB yaitu resep ayam taliwang yang dapat anda coba dirumah untuk memperkaya resep di dapur anda. ayam ini istimewa untuk disajikan khusus untuk keluarga anda atau acara-acara tertentu yang memerlukan hidangan khas ayam untuk santapan utama. Selamat mencoba dan nantikan resep selanjutnya yang tentunya dapat memperkaya referensi resep dapur anda. Bca tentang Resep Ayam Bakar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Taliwang Enak Lezat