Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Ayam Bakar Spesial Lezat

Resep ayam bakar. Ayam memang selalu menjadi tema utama dalam setiap masakan. Selain cara pengolahannya yang bermacam-macam, ayam juga mengandung mineral protein yang baik untuk pertumbuhan. Anak-anak yang sedang tumbuh maupun orang yang dalam masa penyembuhan sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan protein hariannya. Kekurangan protein bisa mengakibatkan pertumbuhan anak menjadi tak maksimal, dan pada proses penyembuhan orang yang sedang sakit akan menjadi lebih lama.


Nah ayam ini bisa menjadi sumber asupan protein hewani yang baik bagi tubuh anda. tapi, terkadang kita merasa bosan dengan masakan ayam yang itu-itu saja. Terkadang kita ingin makan masakan ayam yang bukan khas rumahan seperti ayam bakar. Walhasil kita sering pergi ke rumah makan ayam bakar yang akhirnya membuat kita menjadi boros karna harga ayam bakar lumayan mahal juga. Akan lebih hemat lagi kalau anda bisa membuatnya sendiri kan?.
Resep Ayam Bakar
Ayam bakar telah menjadi favorit kebanyakan orang. Rasanya yang lezat memang sudah tak asing lagi di mulut masyarakat indonesia. Ketika berkunjung ke tempat makan yang menyediakan ayam bakar sebagai hidangannya, pernahkah terbayang dipikiran anda bagaimana cara mengolah ayam yang lezat ini? susah atau mudah sih cara mengolahnya? Yuk kita bahas masakan lezat satu ini, siapa tahu masakan anda malah lebih lezat dibanding dengan masakan ayam yang ada di banyak rumah makan. Langsung aja intip resepnya di bawah ini.

Resep Ayam Bakar

Bahan untuk membuat Ayam Bakar Spesial
  1. 8 buah paha atau sayap ayam, bisa pilih sesuai selera. Cuci ayam ini dengan bersih, setelah itu tiriskan agar kadar airnya berkurang.
  2. 50 ml kecap manis, anda bisa menggunakan kecap manis kualitas baik yang kadarnya kental supaya hasil masakan anda semakin lezat.
  3. 2 sendok makan minyak goreng yang digunakan untuk menumis bumbu.
  4. Air asam jawa secukupnya, sekitar 1-2 sendok makan
  5. 1 buah jeruk nipis, peras airnya.
  6. 200 ml air bersih
  7. 2 sendok teh garam, gunakanlah selalu garam beryodium

Bumbu untuk membuat ayam bakar spesial

Haluskan semua bumbu berikut ini :
  1. 5 buah cabai merah besar
  2. 8 buah bawang merah, kupas dan bersihkan.
  3. 4 butir kemiri
  4. 2 siung bawang putih lokal, kupas dan bersihkan.
  5. 1/2 sendok teh merica
  6. 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Ayam bakar 
  1. Potongan paha atau sayap ayam yang sudah dibersihkan lumuri dengan campuran perasan sari jeruk nipis, tambahan air asam jawa, dan juga garam. Setelah itu, biarkan selama kurang lebih 15-20 menit agar meresap dan bau amis ayam berkurang.
  2. Nyalakan kompor dengan api kecil, panaskan minyak diatas wajan kemudian tumislah bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Setelah berbau harum, masukanlah potongan paha atau sayap ayam , aduk-aduk terus sampai ayamnya matang dan berubah warna. Setelah ayam matang, tuagkan air bersih dan juga kecap kental manis. Aduk merata dan masaklah sampai kuah mendidih dan rasanya meresap.
  3. Setelah itu siapkan tempat untuk membakarnya, bakar ayam di atas api sambil sesekali olesilah dengan sisa bumbu untuk memasak ayam. Bolak-balik ayamnya agar supaya tidak hangus dan matangnya merata sampai bau harumnya keluar.

Nah begitulah langkah-langkah sederhana dalam membuat ayam bakar spesial. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dalam memasak dan memperkaya resep anda di dapur. Baca juga tentang Resep Ayam Betutu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Bakar Spesial Lezat