Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Ayam Betutu Spesial Khas Bali

Resep ayam betutu. Satu lagi hidangan Indonesia yang mempunyai cita rasa yang menggoda, ayam betutu. Makanan khas bali ini banyak diminati baik warga lokal maupun turis asing. Di Bali sendiri ayam betutu adalah makanan yang sangat spesial. Warga Bali memasak ayam betutu untuk disajikan pada hari-hari besar atau hari khusus untuk upacara di pura mereka. Tak hanya itu, kelezatan ayam betutu ini juga mampu menarik turis asing yang datang berkunjung ke pulau dewata ini.

kebanyakan warga asing terkadang tidak cocok selera lidahnya dengan masakan Indonesia yang mempunyai rasa yang kuat. Akan tetapi berbeda dengan makanan lezat satu ini. banyak turis asing yang telah berkunjung ke Bali dan menikmati hidangan ini selama kunjungan mereka menulis di Blog mereka tentang betapa sedapnya ayam betutu ini.

Bagi anda yang pernah merasakan hidangan ini pasti juga sudah tahu akan kelezatannya. Tapi apakah untuk menikmati masakan ayam spesial satu ini harus jauh-jauh pergi ke pulau Bali? Ga juga kok. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah asal tahu resep dan cara membuatnya. Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai resep membuat ayam betutu khas bali yang nikmat.

Resep Ayam Betutu

Resep Ayam Betutu


Bahan Untuk Membuat Ayam Betutu 
  1. 1 ekor ayam, gunakanlah ayam dengan kualitas yang masih segar. Cukup bersihkan ayam dan buang jeroannya, tak perlu dipotong-potong.
  2. Daun pisang secukupnya sebagai alas untuk memanggang ayam, bersihkan dengan menggunakan lap basah.
  3. 3 sdm minyak
  4. 5 lembar daun jeruk, cuci bersih.
  5. 3 batang sereh, cuci lalu diiris halus
  6. 500 ml santan, usahakan anda menyediakan santan yang kental

Bumbu untuk Ayam Betutu
  1. 6 buah cabai merah, cuci bersih
  2. 5 buah cabai rawit, cuci bersih
  3. 18 butir bawang merah, kupas kulitnya dan bersihkan
  4. 6 siung bawang putih, kupas dan bersihkan
  5. 6 butir kemiri
  6. 2 cm kunyit
  7. 2 cm kencur
  8. ½ sendok teh merica
  9. 1 sendok teh ketumbar
  10. 2 sendok teh terasi
  11. 11/2 sendok teh garam

Cara Membuat Ayam Betutu
  1. Bakar ayam di atas api sampai setengah matang. Setelah itu angkat dan sisihkan
  2. Siapkan penggorengan, tuangkan minyak secukupnya lalu tumislah bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi, setelah keluar bau harumnya masukkan santan. Aduk-aduk terus sampai santannya mengental. Ambil ayam yang sudah setengah matang dibakar lalu masukkan kedalam santan. Tutup panci dan masaklah ayamnya sampai kuah bumbu santan kering dan meresap kedalam daging, setelah matang angkat dan sisihkan.
  3. Letakkan ayam diatas daun pisang kemudian ambil sisa-sisa bumbu untuk memasak ayam tadi dan oleskan merata keseluruh bagian-bagian ayam.
  4. Panggang ayam kedalam oven atau bisa juga menggunakan arang, panggang sampai ayamnya berwarna kecoklatan, setelah itu angkat dan sajikan dipiring hias. Ayam betutu spesial Bali pun siap untuk dinikmati. 

Begitulah cara-cara untuk mengolah ayam untuk dijadikan hidangan khas bali, yaitu ayam betutu. Porsi masakan ini kira-kira cukup untuk dihidangkan pada 8 orang, tergantung porsi makan orangnya juga sih karna ayam satu ini memang enak dan sedap. Nah, siapkah anda untuk mencoba resep istimewa satu ini? resep ini cocok untuk hidangan pesta atau hajatan yang ingin anda adakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam memasak ayam betutu khas pulau dewata ini. Baca lebih mengenai Resep Ayam Rica Rica.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Betutu Spesial Khas Bali