Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Ayam Rica-Rica Enak dan Lezat

Resep ayam rica rica. Terkadang kita merasa bosan akan hidangan ayam yang hanya itu-itu saja. Ayam, unggas satu ini sebenarnya sangatlah banyak cara untuk mengolahnya. Banyak resep untuk mengolah ayam yang dapat anda praktekkan. Untuk contohnya adalah masakan khas daerah Manado yaitu Rica-rica ayam.

Rica-rica ayam memang lezat untuk hidangan apapun. Masakan asal Manado ini memiliki rasa gurih pedas khas Manado yang menggugah selera. Makanan ini terbuat dari banyak bumbu pilihan yang tentunya khas Indonesia. Banyak rempah dan bumbu yang ditambahkan kedalam masakan ini yang membuat masakan ini istimewa. Tapi, sulit ga sih cara membuat masakan khas Manado satu ini? langsung saja kita bahas resep untuk membuat hidangan pedas lezat satu ini.

Yang pertama kita lakukan adalah menyiapkan satu ekor ayam berukuran sedang atau besar. Cobalah pilih ayam dengan kualitas yang masih segar. Setelah itu bersihkan ayam dan jangan lupa untuk membuang jeroannya. Potong ayam menjadi beberapa bagian, 10-15 potong misalnya, atau tergantung selera anda.

Resep ayam rica rica


  1. Untuk bahan bumbunya sediakanlah bawang putih dengan ukuran sedang sebanyak 4 butir, kupaslah kulitnya dan bersihkan. Untuk sarannya gunakanlah bawang putih lokal saja. 
  2. Bawang merah sebanyak 8 butir, kupas dan bersihkan.
  3. Cabai merah besar sejumlah 18 buah, cuci bersih. Kalau anda ingin rasa yang lebih pedas bisa ditambah sesuai selera, atau bisa juga anda kurangi jika lidah anda tak terlalu cocok dengan rasa pedas.
  4. Cabe rawit merah, 6 buah saja. Cabe rawit ini juga bisa anda tambah atau kurangi sesuai selera, haluskan lah bumbu-bumbu diatas untuk ditumis nanti.
  5. 2 batang serai, bersihkan dan memarkan.
  6. Jahe ukuran besar, kira-kira sepanjang 3 ruas jari. Bersihkan lalu memarkan saja, tak perlu dikupas kulitnya.
  7. 1 sendok teh garam secukupnya.
  8. Gula secukupnya/sesuai selera.
  9. Daun jeruk sebanyak 8-19 lembar, cuci bersih, sisihkan.
  10. Air bersih sebanyak kurang lebih 200 cc.
  11. Minyak goreng untuk menumis, tuangkan secukupnya saja.

Setelah semua bahan dan bumbu siap, berikut ini adalah cara membuat ayam rica rica. Perhatikan dan ikuti langkah-langkah untuk membuat rica-rica ayam khas manado sebagai berikut:

  1. Gorenglah Ayam yang sudah di cuci dan dipotong-potong tadi diatas api sedang. Gunakan minyak secukupnya saja dan pastikan jangan gunakan minyak jlantah/sudah pernah digunakan. Bolak balik ayam hingga setengah matang, kemudian angkat dan sisihkan.

  2. Setelah semua ayam di goreng, kurangilah minyak yang tadi untuk menggoreng ayam dan sisakan secukupnya untuk menumis bumbu-bumbunya. Gunakanlah api sedang untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan.

  3. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan sampai tercium aroma harumnya, kemudian ambil ayam yang sudah digoreng tadi dan masukkan kedalam tumisan bumbu. Aduk sampai semua bumbu merata dengan ayam.

  4. Masukkan air bersih secukupnya perlahan-lahan sambil diaduk sampai semua bumbu merata, setelah itu masukkanlah batang sereh dan jahe yang sudah dimemarkan, daun jeruk, garam dan gula secukupnya. Tutuplah panci/pemggorengan agar ayam cepat matang dan bumbunya lebih meresap.

  5. Setelah matang, cobalah dahulu masakan anda apakah rasanya sudah sesuai selera anda. bila ada yang kurang bisa ditambah gula, garam atau penyedap rasa. Aduk dan biarkan beberapa saat sampai tambahan bumbu meresap, setelah matang dan benar-benar empuk matikan api, angkat dan hidangkan rica rica ayam buatan anda untuk keluarga tercinta.

Begitulah langkah-langkah untuk membuat masakan Ayam rica rica. memasak rica-rica ayam ternyata tidak terlalu sukar bukan untuk membuatnya. Bca juga mengenai Resep Ayam Goreng.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Rica-Rica Enak dan Lezat