Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Ayam Goreng Kremes Khas Jawa

Resep ayam goreng. Jawa mempunyai banyak resep tradisional yang sudah dikenal dimana-mana. Salah satunya dalam pengolahan daging ayam. Banyak resep khas jawa untuk mengolah daging ayam, namun hidangan khas jawa yang paling dikenal masyarakat kita adalah ayam goreng kremes. Banyak yang bisa membuat masakan lezat satu ini, karena dalam pengolahan resep tradisional satu ini bisa dibilang mudah dan juga simple. Memang banyak para penjual ayam kremes yang bisa anda temui di emperan jalan ataupun di warung-warung setempat, tapi bila anda tertarik untuk membuatnya sendiri, kali ini kita akan bahas tentang resep ayam lezat satu ini. jadi simak terus yach?.

Cara membuat hidangan satu ini memerlukan bahan-bahan yang sederhana. Daging ayam yang digunakan adalah daging ayam jawa. Kenapa sih harus ayam jawa? Ayam jawa mempunyai tekstur daging yang keras. Jadi, saat di goreng dagingnya bisa kering dan renyah. Tidak lembek seperti kebanyakan daging ayam potong biasa. Selain itu, daging ayam jawa mempunyai kelebihan lain yaitu lebih sehat daripada daging ayam potong yang dijual dipasaran. Daging ayam kampung/jawa lebih banyak mengandung vitamin dan mineral dibandingkan dengan ayam potong yang biasanya menggunakan obat untuk pakan sehari-harinya dipeternakan ayam. Dalam resep ini gunakanlah daging ayam segar dan juga yang masih muda agar tidak terlalu alot.

Resep Ayam Goreng

Resep Ayam Goreng

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus disiapkan untuk membuat hidangan ayam goreng kremes khas jawa.

Bahan Ayam Goreng
  1. 1 ekor ayam kampung, pilihlah yang masih muda. Potong menjadi beberapa bagian yang diinginkan, kemudian cuci bersih.
  2. Air secukupnya, kira-kira 2000 ml.
  3. Lengkuas kira-kira 1 ruas ibu jari. Cuci bersih dan memarkan.
  4. Daun salam 4 lembar.
  5. 1/3 butir kelapa, ambil santannya kental
  6. Tepung terigu sebanyak 200 gram
  7. 1 butir telur
  8. 1 batang serai, bersihkan dan memarkan
  9. Minyak secukupnya saja untuk menggoreng
  10. Garam secukupnya

Bumbu Ayam Goreng
Bahan bumbu yang dihaluskan:
  1. Bawang merah 6 buah ,
  2. Bawang putih 4 siung, 
  3. 1 ruas jari kunyit, bakar dahulu
  4. 6 butir kemiri, disangrai
  5. 1 sendok makan ketumbar, disangrai
  6. Garam secukupnya

Cara Membuat Ayam Goreng Kremes Spesial
  1. Pertama, ayam dipotong-potong dan dibersihkan. Rebus ayam denga air bersih sekitar 2000 ml sampai empuk, setelah cukup empuk, angkat rebusan ayam dan tiriskan sejenak.
  2. Ambil wajan/panci dan isi dengan air secukupnya. Masukkan rebusan ayam tadi, tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, serai, lengkuas, beserta daun salam. Tutup pancinya kemudian ungkep ayam sampai lunak. Jangan lupa untuk membolak balik ayam sesekali agar matangnya merata.
  3. Setelah itu, tambahkan santan kental kedalam ungkepan, aduk-aduk hingga mendidih.
  4. Kemudian setelah mendidih ambil ayamnya. Kuah rebusan tadi disaring dan dibuang ampas bumbunya. Biarkan kuahnya mendingin. Setelah dingin tambahkan telur dan juga tepung sagu. Taburkan garam, aduk-aduk rata adonan sampai lembut.
  5. Tuangkan minyak kedalam penggorengan cukup banyak untuk menggoreng ayamnya. Gunakan api sedang. Celupkan ayam kedalam adonan tepung tadi lalu gorenglah sampai berwarna kuning kecoklatan. Setelah ayam matang, angkat dan tiriskan minyaknya.

Minyak bekas menggoreng ayam disaring , dan panaskan kembali dengan api kecil. Gorenglah adonan tepung yang tersisa dari adonan untuk menggoreng ayam. Gorenglah sedikit demi sedikit, setelah matang angkat dan tiriskan, selesai. Terakhir anda Cuma perlu menata ayam di atas piring hidangan. Lengkapi dengan variasi sambal yang anda suka dan beberapa lalapan yang akan membuat makan lebih berselera. Demikianlah langkah dan cara pembuatan ayam goreng kremes spesial. Baca juga Resep Ayam kalasan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Goreng Kremes Khas Jawa