Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Semur Ayam Enak Lezat

Resep semur ayam. Sajian ayam di Indonesia begitu beragam seperti budaya dan bangsanya. Setiap daerah di Indonesia mempunyai cara sendiri untuk mengolah daging ayam. bahkan suatau daerah bisa mempunyai bermacam resep, sebagai contoh adalah daerah Jawa. Jawa mempunyai banyak resep khas untuk mengolah ayam dengan ciri khasnya yaitu memnggunakan berbagai macam rempah-rempah dalam pengolahannya.

Satu lagi resep khas jawa yang kelezatannya populer sampai ke penjuru Indonesia, yaitu semur ayam. hidangan ayam yang di sajikan dengan cara direbus bersama bumbu yang kaya akan rempah-rempah khas Indonesia ini memang sangat khas. Di jawa resep ini sudah dijadikan andalan dalam mengolah ayam. rasa semur ayam biasanya manis karna dalam pengolahannya mengggunakan gula jawa dan juga kecap kental manis.

Resep Semur Ayam

Semur ayam sangat nikmat disantap bersama dengan nasi, apalagi saat nasi dan semurnya masih panas. masakan ini sering ditemui di pesta pernikahan apalagi yang menggunakan adat Jawa. Ayam sendiri telah menjadi konsumsi masyarakat Indonesia dengan tingkat konsumsi yang tinggi. Pengolahan ayam bisa dengan berbagai macam cara, namun resep semur ayam ini sering dipilih karna prosesnya mudah, bahan tidak sulit didapat, dan juga hasilnya enak. Nah bagi anda yang sedang mencari tahu bagaimana cara membuat semur ayam, pas sekali. Karna hari ini kita akan membahas resep khas jawa yang rasanya sedap manis dan gurih ini. Untuk membuat semura ayam cukup mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

Resep Semur Ayam


Bahan Untuk Membuat Semur Ayam
  • Satu ekor ayam, potong-potong ayam menjadi 8-10 bagian. Setelah itu cucilah ayam dibawah air yang mengalir sampai bersih. Tiriskan airnya sambil menyiapkan bahan yang lain.
  • Kecap kental manis secukupnya. Gunakanlah kecap dengan kualitas unggul agar rasa yang didapat dari masakannya benar-benar gurih dan lezat.
  • 500 cc santan, bisa diperoleh dari parutan ½ butir kelapa.
  • ½ butir biji pala
  • 6 siung bawang putih. Kupas kulitnya, bersihkan dan diris halus.
  • 4 buah bawang merah, bersihkan kulitnya lalu iris halus
  • 2 cm kayu manis, bersihkan
  • 2 buah cabe merah ukuran besar. Cuci bersih lalu iris serong besar
  • Mentega secukupnya untuk menumis
  • Gula dan garam secukupnya saja sesuai selera.

Cara Membuat Semur Ayam
  • Ayam yang sudah dipotong dan dicuci dibumbui dengan merica dan juga garam. Campurlah secara merata lalu biarkan selam 15 menit supaya rasanya meresap.
  • Siapkan penggorengan, tuangkan minyak secukupnya untuk menggoreng ayam, lalu panaskan diatas kompor dengan nyala api sedang. Setelah minyak benar-benar panas masukkan ayam dan gorenglah sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan minyaknya.
  • Siapkan panci baru, panaskan menteganya lalu tumislah bawang merah dan bawang putih hingga aroma harumnya keluar, masukkan potongan-potongan ayam. aduk sampai tercampur dengan mentega lalu tambahkan biji pala, garam, gula, kecap kental manis, kayu manis, serta santan kedalam masakan. Aduk-aduk terus dan masaklah sampai kuah berkurang dan mengental. Setelah matang matikan kompor, angkat masakan dan sajikan bersama nasi panas. bisa ditambah dengan sambal kecap cabe rawit untuk menambah selera makan.

Begitulah langkah yang cukup sederhana dalam mengolah daging ayam dengan resep semur. Memasak tidaklah selalu ribet. Dengan bumbu yang dapat anda dapatkan di pasar anda bisa mengolah sajian ayam dengan berbagai macam cara. baca juga Resep Opor Ayam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Semur Ayam Enak Lezat