Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Ayam Pop Lezat dan Nikmat

Resep ayam pop. Jika Anda mengunjungi Pulau Sumatera, terutama Sumatera Barat apa yang ada dipikiran Anda ketika Anda berjalan-jalan disana? Ya, Sumatera Barat yang penuh pesona akan keragaman budaya ternyata tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia yang mempunyai makanan khas yang siap menggoyang lidah kita. Rendang adalah salah satu contoh makanan yang berasal dari Padang yang sudah lama kita kenal, bahkan masakan ini sudah dikenal sampai ke mancanegara.

Namun, tentu saja selain ayam pop masih ada makanan lain yang tidak asing bagi kita semua yang siap memanjakan lidah kita. Makanan khas yang bersasal dari Bukit Tinggi ini yang terbuat dari bahan dasar ayam ini, sering kita sebut Ayam Populer atau yang lebih akrab disebut dengan sebuttan Ayam Pop yang tidak kalah lezatnya dari masakan Rendang dapat kita temukan di Restoran atau Rumah Makan Padang dan Minang.

Resep Ayam Pop
Tekstur daging ayam yang empuk dipadu dengan bumbu-bumbu menjadikan rasa ayam tersebut menjadi lebih gurih dan lezat, ditambah lagi Ayam Pop ini disajikan dengan sambal yang siap menggugah selera dan membuat lidah Anda ketagihan. Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Sumatera Barat untuk mencicipi Ayam Pop tersebut, karena Anda bisa membuat Ayam Pop special ini di rumah dengan resep-resep berikut ini bersama keluarga Anda.

Resep Ayam Pop


Bahan dan bumbu untuk membuat Ayam Pop

  1. Ekor ayam kampong segar. Bersihkan ayam tersebut dan lepas kulitnya. Kemudian potong-potong atau dibiarkan utuh sesuai selera
  2. Minyak goreng
  3. 2 lembar daun salam
  4. 2 lembar daun jeruk
  5. 1 ruas jahe, digeprek
  6. 1 ruas lengkuas, digeprek
  7. 1 batang serai, digeprek
  8. 400ml air kelapa

Bumbu yang dihaluskan untuk ayam pop
Kemudian langkah selanjutnya adalah kita mengahaluskan bumbu-bumbunya

  1. 1 sendok the garam
  2. 3 butir kemiri
  3. 4 siung bawang putih
  4. 6 butir bawang merah

Bahan untuk sambal Ayam pop
Untuk membuat sambal yang akan menambah cita rasa ayam pop tersebut, kita dapat mempersiapka bahan-bahannya sebagai berikut

  1. Air hangat
  2. Air jeruk nipis
  3. Garam secukupnya
  4. Gula secukupnya
  5. 1 buah tomat merah
  6. 5 buah cabe rawit
  7. 6 siung bawang merah
  8. 10 buah cabe merah

Cara Membuat Ayam Pop
Setelah kita mempersiapkan segala bumbu dan bahannya, langkah terakhir adalah membuat ayam pop tersebut. Berikut adalah langkah-langjah dalam membuat ayam pop :

  1. Pertama lumuri daging ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan diamkan ayam hingga 1 jam supaya bumbu meresap dalam daging.
  2. Kemudian rebus daging ayam dengan daun jeruk, daun salam, air kelapa, jahe, serai dan lengkuas hingga daging ayam terasa empuk dan matang serta kuah mengering, setelah itu angkat dan tiriskan.
  3. Lalu goreng daging ayam dalam minyak panas sebentar, angkat dan kemudian tiriskan.
  4. Setelah itu rebus cabenya, serta tomat dan bawang hingga lunak dan haluskan bersama garam dan gula.
  5. Kemudian tumis dengan sedikit minyak hingga harum, jangan lupa untuk memberi air secukupnya.
  6. Anda juga bisa menambahkan pete jika suka, lalu angkat dan beri air jeruk nipis.
  7. Dan ayam pop siap di sajikan.

Bagaimana dengan resep ayam pop diatas? Mudah bukan? Jika Anda penasaran dengan lezatnya cita rasa ayam pop tersebut tanpa harus berkunjung ke Bukit Tinggi, kini Anda bisa membuatnya di rumah dan mencicipi bersama keluarga. Ikuti juga artikel mengenai Resep Ayam Penyet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Pop Lezat dan Nikmat