Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Ayam Penyet Istimewa dan Lezat

Resep ayam penyet. Indonesia yang kaya akan suku dan bangsanya juga mempunyai budaya khas daerah masing-masing yang berbeda. Kebudayaan bangsa indonesia mencangkup banyak hal, salah satunya adalah pada kulinernya. Masakan indonesia beragam jenisnya. Dari sabang sampai merauke memiliki cita rasa masing-masing dalam menyajikan makanan khas daerahnya. Salah satu masakan yang sering di masak oleh masyarakat kita di berbagai daerah adalah ayam. Unggas ini memang sudah biasa menjadi bahan makanan yang bermacam-macam. Kali ini saya akan membahas tentang masakan ayam khas Surabaya Jawa Timur, Yaitu ayam penyet.

Ayam penyet merupakan hidangan yang bisa anda jumpai hampir diseluruh pelosok negeri. Rasanya yang enak dan gurih memang manjadikan ayam penyet di gemari oleh lidah-lidah dari daerah manapun. Di semarang contohnya banyak akan anda temui tempat makan maupun warung makan sederhana pinggir jalan yang menjual makanan khas Surabaya ini. tapi sebenarnya bagaimana sih cara membuat makanan lezat satu ini? susah atau tidak cara membuatnya? Bahan apa saja yang diperlukan untuk mengolahnya? Mari langsung saja kita bahas resep ayam penyet spesial ini.

Resep Ayam Penyet

Resep Ayam Penyet

Untuk membuat ayam penyet istimewa, silahkan persiapkan bahan dan bumbu sebagai berikut.

Bahan untuk membuat ayam penyet
  1. 1 ekor ayam, bersihkan dan potonglah menjadi 4-6bagian.
  2. Minyak goreng secukupnya saja untuk menggoreng ayamnya.
  3. 200 ml air bersih
  4. 3 cm lengkuas. Bersihkan lalu memarkan
  5. 1 lembar daun salam, cuci bersih.
  6. 2 cm jahe, bersihkan dan memarkan

Bumbu Untuk Ayam Penyet
  1. 1 sendok teh ketumbar
  2. 4 siung bawang putih, kupas dan cuci bersih
  3. 1 cm kunyit, bersihkan
  4. Garam secukupnya menurut selera
  5. Apabila semua bumbu sudah lengkap, silahkan anda haluskan semua bumbu tersebut.

Setelah semua bahan dan bumbu siap, ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk membuatnya.
  1. Pertama, daging ayam yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih campurkan lah dengan bahan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah merata, masukan air bersih ditambah dengan jahe, lengkuas, serta daun salam.
  2. Selanjutnya nyalakan kompor dengan api sedang, rebuslah ayam dengan bumbu tadi. Tutup wajan dan masak hingga daging ayamnya matang dan bumbu-bumbu nya meresap sempurna.
  3. Setelah ayamnya matang angkat dan sisihkan. Selanjutnya, panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng ayam. Goreng ayamnya sampai berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Untuk mengurangi minyak berlebihnya bisa ditaruh diatas kertas tissue dapur.

Sambal Untuk Ayam Penyet
Setelah selesai mengolah ayamnya, yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah membuat sambal penyetnya. Persiapkanlah bahan-bahan berikut ini :

  1. 7 buah cabai keriting merah
  2. 7 buah cabe rawit merah segar
  3. 2 tangkai kemangi, ambil daunnya dan bersihkan
  4. 2 lembar daun jeruk purut, cuci bersih
  5. ½ buah tomat merah
  6. ½ sendok teh terasi yang sudah dibakar
  7. ½ sendok teh gula merah yang sudah diiris-iris
  8. Garam secukupnya menurut selera.

Untuk membuat sambal ini cukup haluskan semua bahan diatas, setelah itu masukkan daun kemangi dan cukup ditumbuk kasar.

Demikianlah sekedar berbagi resep ayam penyet untuk anda coba di dapur anda. tak terlalu sukar untk membuat resep makanan khas nusantara satu ini. hidangan khas surabaya ini cocok untuk dimakan bersama keluarga anda tercinta. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Nantikan resep-resep spesial lainnya yang akan menggugah selera untuk melengkapi daftar resep di dapur anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Penyet Istimewa dan Lezat