Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Ayam Panggang Kecap Pedas Manis

Resep ayam panggang. Hidangan bertemakan ayam memang selalu hadir dalam acara apapun. Baik itu Pesta ulang tahun, pernikahan, hari raya besar bahkan hanya untuk sekedar hidangan makan sehari-hari. Ayam memang telah menjadi makanan harian masyarakat indonesia. Hidangan Unggas ini selalu dapat ditemui dimanapun dengan banyak variasi masakannya. Salah satu cara memasak ayam adalah dengan memanggangnya.


Ayam panggang memang sangat digemari. Rasa gurih dan dagingnya yang empuk sudah sangat familiar bagi lidah masyarakat kita. Akan tetapi Sulit kah memanggang ayam itu? Tidak kok. Dengan cara yang tepat dan bahan yang lengkap memanggang ayam bukanlah suatu hal yang sulit untuk anda lakukan. Anda bisa mencoba sendiri di rumah untuk membuat menu favorit keluarga indonesia ini. Inilah langkah-langkah untuk membuat ayam panggang dengan variasi bumbu kecap.

Resep Ayam Panggang

Resep Ayam Panggang


Bahan utama yang harus di sediakan :

  1. 8 potong paha ayam atau dada ayam, bersihkan dan tiriskan.
  2. 2 batang serai, memarkan 
  3. 1 buah jeruk nipis, potong jadi dua, peras airnya.
  4. 8 lembar daun jeruk, cuci bersih.
  5. 1 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh merica bubuk
  7. ½ sendok teh gula pasir
  8. ½ sendok makan air asam jawa
  9. 2 sendok makan minyak goreng
  10. 2 sendok makan kecap manis
  11. 250 ml air bersih

Lalu, siapkanlah bumbu-bumbu berikut untuk dihaluskan :

  1. 10 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih,dikupas lalu bersihkan.
  3. 2 ruas jari jahe.
  4. 2 cm lengkuas.
  5. 2 buah cabai merah keriting.
  6. 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ayam Panggang

  1. Ayam yang sudah dibersihkan tadi lumurilah dengan perasan air jeruk nipis dan sedikit garam. Pastikan anda melumurinya dengan rata. Setelah itu biarkan selama 15 menit agar air jeruk nipis meresap dan bau amis ayam hilang. Selama menunggu anda bisa mempersiapkan arang dan tempat memanggangnya untuk mempersingkat waktu memasak.

  2. Langkah selanjutnya Sediakan penggorengan. Tuangkan minyak kedalamnya kemudian panaskan diatas api sedang. Tumislah bumbu yang tadi sudah dihaluskan lalu tambahkan daun serai yang sudah dimemarkan dan juga daun jeruk. Tumis hingga harum setelah itu baru masukan potongan-potongan ayam dan aduk terus sampai merata. Tumislah ayam dengan bumbu sampai ayamnya berubah warna.

  3. Masukkan kecap manis, gula pasir, merica bubuk serta asam jawa. Aduk hingga merata. Masaklah sampai bumbunya meresap dan daging benar-benar matang.

  4. Setelah itu pastikan tempat untuk memanggang ayam sudah siap. Nyalakan arang sampai merah membara. Olesi panggangannya dengan sedikit mentega lalu letakan ayam diatasnya dan pangganglah diatas arang yang menyala. Olesilah ayam yang sedang di panggang dengan bumbu tumisan tadi sesekali hingga aromanya terasa harum. Jangan lupa untuk membolak balik ayam agar matangnya merata dan tidak sampai gosong. Setelah ayam benar-benar matang, angkat dan sajikan diatas piring hias. Untuk mempercantiknya anda bisa berkreasi dengan cara menambahkan potongan-potongan sayur seperti tomat ataupun daun selada sebagai hiasan.

Begitulah cara untuk membuat ayam panggang kecap pedas manis. Tidak terlalu sukar dan juga cukup simple untuk anda coba. Ayam panggang ini cocok untuk teman makan nasi ataupun langsung dimakan. Hidangan ini bisa dijadikan santapan saat pesta apapun dan juga untuk dijadikan menu warung makan yang anda buka. Baca juga mengenai resep ayam kecap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Panggang Kecap Pedas Manis