Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Ayam Kecap Spesial Lezat

Resep ayam kecap. Ayam, unggas satu ini memang selalu menjadi menu favorit untuk dihidangkan bagi keluarga. selain mudah dalam pengolahannya ayam merupakan salah satu makanan penting sebagai sumber protein hewani sehari-hari. Cara pengolahannya pun dapat bervariasi, tergantung selera para penyantapnya.


Hidangan ayam sering di sajikan dalam berbagai macam acara. Baik di acara hari besar maupun pada suatu pesta. Tapi bagaimana sih cara mengolah ayam menjadi santapan yang nikmat? Bagi anda yang sedang belajar memasak, berikut ini adalah resep ayam kecap yang merupakan salah satu resep sederhana untuk mengolah ayam.

Resep Ayam Kecap

Resep Ayam Kecap


Bahan Untuk Membuat Ayam Kecap:

  1. 1 ekor ayam berukuran sedang. Sebagai saran, gunakanlah ayam yang benar-benar segar. Bila anda terpaksa menggunakan ayam potong pastikan ayam itu segar dan bukan ayam froozen. Bersihkan ayam ini sampai benar-benar bersih, kemudian potong-potong sesuai selera atau potonglah menjadi 10-14 bagian.

  2. Sediakanlah 2 butir bawang putih ukuran besar. Kupas kulitnya kemudian iris tipis untuk ditumis.

  3. 12 butir bawang merah lokal berukuran besar, setelah dikupas kemudian diiris tipis juga seperti bawang putih.

  4. 10-12 sendok makan kecap manis kental. Pastikan kecap yang anda gunakan adalah kecap kental manis berkualitas baik supaya hasil masakan anda lebih sedap.

  5. 1 sendok makan kecap Inggris sebagai penyedap.

  6. Kupaslah jahe yang panjangnya sekitar 5 cm. Setelah itu potong-potong dan cincang kecil-kecil agar cepat meresap saat ditumis dengan bumbu-bumbu yang lain.

  7. Saus tomat sebanyak 2 sendok makan.

  8. 1 sendok makan saus sambal pedas. Bila Anda suka pedas, Anda bisa tambahkan potongan cabe rawit dan cabe merah sesuai selera.

  9. Garam dapur secukupnya. Jangan lupa untuk menggunakan garam yang beryodium.

  10. lada halus secukupnya, sekitar setengah sendok teh sebagai contohnya.

  11. Minyak goreng untuk menumis bumbu secukupnya.

  12. Air perasan jeruk nipis, gunakanlah 1 buah jeruk nipis berukuran besar.

  13. Air secukupnya.

Langkah-langkah membuat resep ayam kecap spesial:

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah merebus ayamnya sampai setengah matang. Sebelum direbus pastikan ayam sudah dipotong dan bersih. Setelah itu siramlah potongan ayam tersebut dengan air perasan jeruk nipis, campur dan ratakan dengan mengaduk-aduknya dengan tangan.

  2. Taburi potongan ayam dengan garam secukupnya atau sekitar satu sendok makan. Setelah tercampur rata, diamkan daging tersebut selama 15 menit.

  3. Siapkan panci yang sudah diisi air secukupnya. Nyalakan kompor dengan nyala api sedang, taruh panci diatasnya. Biarkan mendidih. Setelah mendidih, taruhlah potongan-potongan ayam tadi satu persatu kedalam panci. Aduklah sekali-sekali dan setelah ayam setengah matang, angkat dan tiriskan.

  4. Langkah berikutnya adalah mengolah bumbunya. Siapkan penggorengan, berilah sedikit minyak goreng untuk menumis dan taruhlah diatas kompor dengan api kecil sedang. Tumislah bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tadi sampai harum.
  5. Setelah itu masukkan cincangan jahe, sambil terus diaduk-aduk. Anda bisa menambahkan irisan cabai bila memang menginginkan rasa yang lebih pedas sesuai selera.

  6. Tambahkan kecap kental manis serta kecap inggris. Aduk terus sampai rata, hati-hati jangan sampai gosong.

  7. Campurkan satu sendok makan saus sambal serta dua sendok saus tomat. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata.

  8. Tambahkan air bersih sekitar 300 ml kedalam campuran bumbu tadi dan aduk hingga semua bahan merata.

  9. Setelah itu masukkan potongan daging ayam yang sudah direbus setengah matang, aduklah terus sambil tambahkan gula, garam , dan lada bubuk seperlunya sekitar satu sendok teh. Cicipi masakan anda, dan apabila ada yang dirasa kurang bisa tambahkan kecap ataupun garamnya. Aduklah terus sampai kuahnya mengental dan tinggal sedikit.

Demikianlah resep sederhana untuk membuat ayam kecap spesial. Resep ini tidak terlalu ribet sehingga bisa anda coba dirumah. Selamat memasak. Baca juga mengenai resep ayam goreng.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Kecap Spesial Lezat