Kumpulan Artikel yang Membahasa Tentang Resep Masakan, Resep Kue, Resep Sop, Resep Minuman dan semua yang berhubungan dengan Resep, baik itu Resep Masakan Indonesia Maupun Resep Masakan Mancanegara

Resep Cara Membuat Nasi Uduk

Cara Membuat Nasi UdukCara membuat nasi uduk. nasi uduk adalah salah satu jenis makanan yang paling diminati oleh masyarakat indonesia, selain rasanya yang lezat dan dari segi harga cukup terjangkau, citarasa makanan indonesianya cukup terasa karna memadukan nasi sebagai makanan pokok masyarakat indonesia dan rempah-rempah yang sangat khas indonesia sebagai bahan pokoknya jadi sangat cocok dengan lidah orang indonesia.

Makanan ini sangat indonesia karna sebagian besar wilayah di indonesia mengenal dan memiliki resep berbeda-beda, walau pun cara dan sebagian besar bahan sama, walaupun di tingkat internasional tidak sepopuler rendang atau sate tapi makanan ini cukup di kenang oleh wisatawan asing yang berkunjung ke indonesia dan mencicipi kelezatannya, makanan ini biasanya di jajakan oleh rumah-rumah makan pinggiran sampai restauran berkelas, tapi membuat nasi uduk sendiri bisa jadi pilihan yang bagus, dibawah ini adalah cara membuat nasi uduk yang bisa anda ikuti.

Cara membuat nasi uduk

Waktu memasak : 1 jam
Menghasilkan : 5 porsi
Mengandung : 435 kalori

Bahan-bahan yang diperlukan :
  1. 500 gram beras
  2. 600 ml santan
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 sendok makan garam
  5. 1 sendok teh ketumbar bubuk
  6. 1 batang sereh

Bahan sambal :
  1. 100 gram kacang tanah goreng.
  2. 10 cabai rawit ( banyaknya bisa disesuai dengan selera pedas anda )
  3. 2 siung bawang putih
  4. 1 buah cabai merah
  5. 1 sendok teh garam
  6. 1 sendok makan gula pasir
  7. 1 sendok makan cuka

dan bisa anda tambahkan.
  1. irisan telur dadar
  2. bawang merah goreng
  3. kacang tanah goreng
  4. teri goreng

Proses pembuatan :
  1. Langkah pertama anda harus memasak beras sampai keadaan setengah matang dan untuk memudahkan proses berikutnya pindahkan ke panci.
  2. Langkah kedua anda didihkan santan dan campur dengan bahan-bahan lainya seperti, 2 lembar daun salam, 1 sendok makan garam, 1 sendok teh ketumbar bubuk, 1 batang sereh. pastikan anda memasak santan dan bahan lainya sampai keadaan mendidih dan aroma khas bahan-bahan diatas tercium, tuangkan santan ke beras tadi satu ruas jari diatas beras.
  3. Setelah itu tunggu sampai santan terserap habis oleh beras, dan kukus dengan penanak nasi sampai matang.
  4. Proses berikutnya anda perlu membuat sambal dengan memasukan semua bahan sambal dan di haluskan ( catatan : menggunakan cobek ) dan tambahkan air untuk mengukur kekentalan.

Pasanya di jamin nikmat karna perpaduan nasi uduk dan sampal kacang yang gurih dan taburan bawang goreng yang renyah, ditambah telur dadar, kacang goreng, dan teri goreng yang akan membuat anda tidak akan tega melewatkan hidangan ini. Baca juga : Resep Gurame Bakar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Nasi Uduk